-->

Mengenali Dashboard Blogger

Kalau artikel kemarin adalah cara membuat blog, maka artikel kali ini adalah pengenalan terhadap dasboard blog kalian di blogger.com. Setelah login ke akun blogger kalian, klik gambar dropdown disamping laman. Disitu akan terlihat menu-menu dari dashboard blog kalian. Mari kita kenali bagian-bagian tersebut satu-persatu


1. Ikhtisar

Pada bagian ini kalian akan melihat statistik dari blog kalian berupa sebuah grafik pageviews, artinya angka dari berapakali halaman blog kita dilihat oleh pengunjung. Disampingnya adalah kolom informasi terupdate dari blog kalian, meliputi jumlah komentar yang menunggu moderasi, jumlah komentar yang diterbitkan, jumlah laman yang dilihat dalam hari ini, Jumlah postingan, serta pengikut blog kita.

2. Post

Menu ini terdiri dari "semua" artinya semua postingan/artikel yang kita buat, baik itu yang sudah diterbitkan ataupun masih tersimpan dalam bentuk draft. Yang kedua adalah draf, semua artikel yang belum diterbitkan akan kelihatan disini. Yang ketiga adalah artikel yang sudah diterbitkan.

3. Laman

Laman yang dimaksudkan disini adalah halaman statis yang berisi informasi tertentu seperti halaman tentang kebijakan blog, informasi kontak dan sebagainya.

4. Komentar

Pada bagian ini berisi informasi tentang komentar yang diterbitkan dan komentar yang dianggap spam pada blog kalian.

5. Google Plus

Ini merupakan fitur baru dari blogger dimana kalian akan langsung terhubung ke akan sosial google plus kalian. kalian bisa langsung membagikan setiap artikel yang kalian terbitkan ke akun google plus kalian dengan fitur ini.

6. Statistik

Bagian ini terdiri dari beberapa informasi statistik penayangan blog kalian. Mulai dari grafik penayangan, informasi penayangan pada waktu tertentu, jumlah penayangan pada artikel tertentu, sumber lalu lintas serta pemirsa dari blog kalian.

7. Penghasilan

Bagian berupa informasi tentang adsense, tentu saja jika kalian telah menjadi publisher dari periklanan google.

8. Kampanye

Menyediakan link pendaftaran kegoogle adwords, metode periklanan untuk menambah jumlah pengunjung ke blog kalian.

9. Tata Letak

Pada menu ini kalian bisa menambahkan, menghapus, mengedit, serta megubah posisi dari gadjet pada blog kalian

10. Template

Pada menu ini kalian bisa melakukan modifikasi pada tampilan blog kalian. kalian bisa mengubah template, tata letak, latar, jenis huruf yang digunakan pada blog kalian, serta tampilan blog jika dibuka dengan menggunakan ponsel.

11. Setelan

Setelan disini berisi setelan-setelan khusus yang akan kalian terapkan diblog kalian, meliputi setelan dasar, pos dan komentar, seluler dan email, bahasa dan pemformatan, preferensi penelusuran, serta setelan lainnya.