-->

Blogger akan mengupdate tampilan dasbornya?

Bagi teman-teman blogger pengguna blog gratisan dari blogger.com, ada kabar baik untuk kalian tentang platform blogging kalian ini. Sepertinya dalam waktu dekat blogger akan mengupdate tampilan dari (dashboard) dasbornya.

blogger new dashboard


Sebenarnya kabar ini sudah muncul lama. Saya pun dapat infonya ketika blogwalking ke salah satu blog sahabat dan melihat postingan terbarunya tentang update dasbor blogger.

Berhubungan perubahan tampilan dasbor blogger ini masih dalam tahap uji coba maka kalian tidak akan bisa melihatnya jika diakses langsung pada alamat www.blogger.com melainkan kalian harus masuk ke ke versi draft blogger. Saat kalian menskrol opsi pada sebelah kiri di dasbor blogger akan ada tombol "coba blogger baru" pada bagian bawah. Jika tidak ada kalian bisa mengaksesnya secara manual dengan menggunakan link draft.blogger.com

Tampilan terbaru dasbor blogger

Pada saat awal saya mengakses versi draft dari blogger, baru opsi statistik saja yang mengalami mengalami perubahan. Sekarang temapun sudah mengalami perubahan. Berikut ini beberapa bagian yang mengalami perubahan

1. Statistik
Area statistik mengalami perombakan tampilan yang sangat signifikan. Mengikuti tren kekinian, tampilan statistik jauh lebih fresh dan lapang.

Pada bagian atas, yang ditampilkan adalah jumlah pengikut, postingan, dan komentar. Dibawahnya ada jumlah view pada blog. Dibawahnya lagi ada statistik untuk postingan terbaru, statistik untuk postingan populer serta statistik untuk halaman.

2. Komentar
Berikutnya yaitu komentar. Pada bagian ini ditampilkan semua komentar pengunjung di blog kita. Pada tiap komentar diberi opsi hapus konten pada komentar, tandai sebagai spam, serta hapus komentar.

3. Tema
Bagian tema juga mengalami perubahan. Dari segi layout, tema bawaan yang disediakan blogger ditampilkan dengan pratinjau yang cukup besar. Untuk tema custom pratinjau tidak akan ditampilkan kecuali dalam tema custom itu sudah ditambahkan tag kondisional khusus.

Selain itu tema editor ditampilkan secara penuh pada layar, jadi saat kita mengedit template kita berasa leluasa. Selain itu preview tema jauh lebih cepat dibandingkan dengan tema dasboard sekarang.

Namun sayang, salah satu kekurangannya yaitu saat kita menyimpan template, layar tema akan tergulir secara otomatis ke atas. Akibatnya jika kita ingin kembali ke baris yang sebelumnya kita edit kita harus mengulir layar kebawah lagi.

Sejauh ini baru 3 bagian itu yang mengalami perubahan. Lalu kapan perubahan tampilan dasbor blogger ini diaplikasikan ke www.blogger.com? tentu saja jika seluruh bagian-bagian yang ditampilkan pada dasbor blogger sudah diupdate. Silahkan tunggu saja.