-->

Mengatasi hidung berair

Di musim hujan seperti ini kita kerap terkena pilek. Jadinya hidung jadi meler, basah dan sedikit gatal, demam, dan tenggorokan sakit. Tentunya hal itu sangat mengganggu baik ketika kita sedang bekerja maupun ketika kita sedang beristirahat. Di musim hujan seperti ini sangatlah penting untuk tetap menjaga kesehatan. Mandi teratur dan jangan sampai kehujanan terlalu lama yang menyebabkan terjadinya perubahan suhu tubuh karena hal-hal itulah yang menyebabkan kita terserang pilek.

Yang menyebalkan saat kita terkena pilek adalah bersin berkali-kali, hidung gatal, berair dan sulit bernafas. Namun yang paling menyebalkan adalah hidung yang berair. Saat air di dalam rongga hidung banyak akan menyebabkan hidung terasa geli dan gatal. Hal ini juga yang menjadi salah satu faktor kita kesulitan bernafas.

Hidung berair membuat kita harus sering melap hidung, memaksa keluar air hidung tersebut dengan tekanan udara yang kadang akan sulit dilakukan karena pembengkakan pada rongga hidung, boro-boro buang ingus bernafas saja susah. Jika tidak segera dilap maka air hidung tersebut akan mengalir dan metes ke mulut, baju dan lantai. Hidung berair sangat-sangat menyebalkan dan untuk mengobatinya tentu kita harus mengandalkan obat pilek yang bisa kita dapatkan di apotik.

Namun yang jadi masalah lain adalah obat tersebut tidak bekerja instan, dimana pilek dan anaknya yang menyebalkan si hidung berair tersebut bisa langsung sembuh seketika. Nah, di sini saya akan memberikan sebuah "life hack" cara mengatasi hidung berair agar air hidung tersebut tidak terlalu mengganggu saat kita beraktifitas ataupun beristirahat.

  1. Hal pertama yang perlu kita lakukan yaitu pastikan kita sudah membeli obat pilek seperti paracetamol atau obat sejenis lainnya yang sesuai/ampuh menurut anda. Silahkan baca aturan pakai yang ada pada kemasan obat tersebut sebelum meminumnya.
  2. Berikutnya yaitu siapkan tissu lalu gulung-gulung tissu tersebut seperti pada gambar
  3. Masukkan ujung gulungan tissu tersebut kedalam hidung, jangan terlalu dalam yang penting tissu tersebut tidak jatuh, kita akan seikit kesulitan bernafas dengan hidung, sebaliknya gunakan pernafasan mulut.
  4. Biarkan saja seperti itu untuk menyerap air hidung, silahkan ganti tissu tersebut jika sudah terlalu basah.

Dengan life hack ini air hidung karena pilek tesebut tidak akan terlalu mengganggu lagi. Kita bisa duduk tenang menonton TV, main game maupun sosial media tanpa harus sibuk sering-sering melap hidung. Dengan memanfaatkan tissu yang digulung dan dimasukkan ke dalam lubang hidung ini akan menyerap air yang ada di dalam hidung.

Jadinya air hidung tidak akan mengalir dan menetes lagi melainkan terserap dan tertampung di gulungan tissu. Dengan menggunakan trik ini juga membuat penggunaan lembaran tissu juga sedikit lebih hemat (ingat hemat pangkal kaya guys). Bagaimana tidak, menempatkan sebuah gulungan tissu di hidung setara dengan melap hidung dengan tissu berkali-kali. Kalau dianalogikan 5 bungkus milikkita sama dengan segelas air susu.

Tips untuk menghidari pilek di musim hujan
1. Mandi yang teratur
2. Hindari kehujanan
3. Rajin berolah raga
4. Rajin makan sayur dan buah terutama yang mengandung vitamin C

Trik ini pasti saya gunakan jika sedang terkena pilek dan pastinya sangat berguna.

Xo guys, stay health dan jangan lupa bahagia ya...