-->

Kustomisasi Blogspot

Artikel ini merupkan lanjutan dari artikel sebelumnya yaitu cara membuat blog di blogger.com. Disini kalian akan melakukan kustomisasi terhadap blog baru yang sudah kalian buat. Penyesuaian disini lebih ke arah penyempurnaan bagian-bagian dari blog kalian, seperti penambahan menu, pengaturan gadget, serta penyesuaian tampilan terhadap template standar blogger.

Melengkapi Deskripsi Blog
Pertama-tama masuklah ke dashboard blog kalian, pilih menu setelan, lalu pada bagian deskripsi, klik tulisan edit. Buatlah deskripsi tentang blog kalian. Dsisini kalian juga bisa mengubah judul blog, serta alamat blog kalian, serta beberapa pengaturan lainnya.

Melengkapi Deskripsi Blog

Menyesuaikan Template
Pada menu template di dashboard, kalian bisa mengubah template yang kalian gunakan untuk blog kalian. Seperti yang saya katakan sebelumnya, template merupakan pakaian dari blog kalian, indah tidaknya sebuah blog sangat dipengaruhi oleh template. Disini blogger sudah menyiapkan beberapa template bawaan untuk blog kalian. Tampilannya sangat sederhana. Jika kalian ingin template yang lebih menarik, silahkan cari di google dengan kata kunci blogger template. Namun yang perlu kalian ketahui bahwa template yang disediakan oleh blogger bisa di kustomisasi dengan mudah. Cukup klik pada menu sesuaikan dan kalian bisa mengubah banyak bagian dari blog kalian seperti latar, lebar blog, ukuran teks, warna dan lainnya. Sedangkan jika kalian menggunakan template kustom, kalian perlu pemahaman terhadap kode html dan css untuk melakukan penyesuaian tersebut.

Menyesuaikan Template

Membuat Laman
Laman disini merupakan laman statis. Laman ini bisa berupa halaman informasi kontak, laman privacy policy atau lainnya sesuai keinginan kalian. Contohnya disini kalian membuat halaman kontak, nantinya kalian linking ke menu navigasi. Untuk membuat laman, klik tulisan laman baru.

Membuat Laman

Menambahkan Menu Navigasi dan Gadget
Berikutnya adalah menambahkan menu navigasi. Menu navigasi disini memiliki peranan yang sangat penting karena berfungsi untuk mengarahkan pengunjung ke laman atau ke tajuk tertentu. Pilih menu tata letak, lalu klik "tambahkan gadget" nanti akan terbuka sebuah form, skrol kebawah dan pilih laman. Silahkan kalian klik "tambahkan tautan baru" lalu beri nama menu tersebut. Untuk linknya silahkan diarahkan kelaman tertentu yang sudah kalian buat seperti laman kontak di atas, atau ke label tertentu. Contohnya pada saat membuat postingan kalian memberi label postingan kalian semisal "android" maka kalian bisa memberi nama menu tersebut android dan untuk linknya "http://www.nama-blog-kalian.blogspot.com/search/label/android" (tanpa tanda petik). Maka pada saat menu ini di klik semua postingan yang berlabel android akan muncul.
Untuk menambahkan gadget,  klik "tambahkan gadget" disamping kanan blog kalian, lalu pilih entri populer untuk menambahkan list artikel yang paling banyak dilihat di blog kalian. Silahkan tambahkan gadget lain seperti arsip dan label.

Menambahkan Menu Navigasi dan Gadget
Menambahkan Menu Navigasi dan Gadget
Menambahkan Menu Navigasi dan Gadget