-->

[MISTIS] Kedutan pada mata

Semua orang pada umumnya pernah mengalami bagian kelopak kiri atas atau kanan atau bagian bawah mata berkedut alias bergerak-gerak sendiri, Kedutan pada mata bukanlah hal yang spesial bagi sebagian orang namun tidak dengan sebagian orang lainnya. Kedutan pada mata biasanya dihubungkan dengan hal mistis.

Kedutan pada mata

Secara medis kedutan pada mata bukanlah sebuah penyakit meliankan sebuah kondisi dimana kelopak mata mengalami sensasi berdenyut yang disebabkan oleh saraf pada kelopak mata yang kejang. Dalam istilah medis, mata bekedut ini dikenal dengan istilah "Mytikymia".

Secara medis, kedutan muncul bisa dikarenakan beberapa hal seperti kelelahan dan kurang tidur, mengkonsumsi kafein, merokok dan minum alkohol, menatap layar komputer atau gadget terlalu lama atau karena mengkonsumsi obat-obatan tertentu. Seperti saya misalnya, saya pernah mengkonsumsi obat oles yang mengandung alkohol, prophylen glycol dan bahan lainnya. Selang beberapa hari ternyata bagian kelopak mata kanan saya sering berkedut.

Namun jika dihubungkan dengan hal-hal yang berbau kepercayaan dan mistis, maka kedutan pada kelopak mata itu sering ditafsirkan akan mengalami kejadian-kejadian tertentu. Bisa dibilang bahwa kedutan itu adalah sebuah pertanda bahwa yang mengalami kedutan akan mengalami sebuah kejadian, baik itu kejadian buruk ataupun kejadian baik.

Kedutan pada kelopak mata kiri atas

Dalam primbon jawa, kedutan pada kelopak mata kiri atas memiliki beberapa makna yang umumnya merupakan pertanda baik

1. Pertanda bahwa kita akan bertemu dengan kekasih
2. Pertanda bahwa kita akan menemukan barang yang hilang
3. Pertanda bahwa kita akan mendapatkan kabar gembira
4. Pertanda bahwa kita akan dipuji seseorang
5. Pertanda bahwa kita akan bertemu dengan kerabat jauh
6. Pertanda bahwa kita akan mendapatkan rejeki

Namun ada juga tafsiran yang bisa dibilang cukup buruk mengenai kedutan pada mata ini. Baik kedutan pada kelopak mata bagian kiri ataupun kanan. Tafsiran itu antara lain:

1. Pertanda bahwa kita akan mendapatkan kabar buruk
2. Pertanda bahwa kita akan mengalami sebuah musibah
3. Pertanda bahwa ada makhluk halus di sekitar kita.
4. dll

Poin nomor 3 di atas cukup meenarik bagi saya. Bayangkan jika mata kita berkedut ternyata dibelakang kita kuntilanak yang sedang menatap ke kita, kan seram.

Namun semua kembali lagi kita mengenai tafsiran kedutan mata di atas. Apakah kita mau mempercayai bahwa kedutan tersebut hanya sebuah kejadian biasa karena saraf kejang atau kita mau mempercayai tafsiran bahwa kita akan mengalami kajadian baik atau buruk.